Minggu, 21 Maret 2010

Penyebab Blog Dihapus Oleh Pihak Blogger

Mungkin ada sebagian dari teman Blogger yang blognya dihapus oleh pihak Blogger, di balik itu pasti kita sebagai pemilik blog tersebut apalagi blog yang terhapus tersebut sudah kita kembangkan sedemikian rupa sehingga dari segi kualitas isi/kontennya sudah tidak diragukan lagi dan ditambah lagi kalau jumlah pengunjung blog kita sudah lumayan banyak, lalu siapa yang gak kesal dan bingung jika hal tersebut terjadi? Sebenarnya masalah tersebut "mengapa blog teman-teman dihapus oleh pihak Blogger" sudah tertera di peraturan Blogger di bagian "Kebijakan Konten". Teman-teman akan mengetahui beberapa kebijakan Blogger mengenai penghapusan Blog tersebut. Namun, di postingan kali ini saya hanya mengulas beberapa alasan mengapa blogger menghapus suatu blog sesuai dengan apa yang pernah saya ketahui, beberapa kali saya surfing di Google saya menemukan beberapa Blogger yang mengeluh masalah penghapusan ini - semoga dengan hadirnya postingan kali ini, kita semua jadi tahu apa penyebab yang paling sering muncul ketika penghapusan ini dipertanyakan kepada pihak Blogger.

1. Blog yang kita miliki mengandung malware maupun virus yang berbahaya (Ini ada di "Kebijakan Konten" Blogger).

2. Blog yang sengaja dibuat untuk beriklan saja, seperti halnya iklan yang otomatis langsung diterbitkan saat itu juga (biasanya menggunakan Form yang harus diisi) => Menggunakan metode pengeposan Via email @blogger.com



Yang pertama, Blog yang kita miliki mengandung malware atau virus yang berbahaya.

Alasan ini benar-benar terjadi terhadap beberapa Blogger yang blognya mengandung malware maupun virus yang sangat berbahaya bagi komputer para pengunjung blog tersebut. Kebijakan Blogger untuk menghapus blog tersebut demi kenyamanan para pengunjung blog tersebut yang selanjutnya, dengan harapan pihak Blogger agar si empunya blog yang dimaksud menghilangkan malware yang terdapat dalam blognya, sehingga dalam tahap ini pihak blogger baru menon-aktifkan blog tersebut dan belum menghapusnya dengan catatan akan dihapus jika si empunya tidak mengindahkan apa yang diperingati oleh pihak Blogger. Lalu, mungkin beberapa rekan Bloggerku bertanya "Apa yang menyebabkan adanya malware di dalam blog kita?". Sejujurnya, saya pribadi belum tahu dengan pasti karena saya sendiri belum mengalami hal semisal. Namun, beberapa master Blogger mengatakan bahwa penyebab adanya malware di dalam blog kita biasanya karena kita mengikuti beberapa program yang menghasilkan earning/uang, di mana program tersebut lah biang keladinya, di sini bisa kita ambil salah satu yang paling harus dicurigai adalah program-program yang biasanya dapat mengeluarkan POP-UP ketika ada orang yang mengunjungi blog tersebut. Saya mengambil program yang dapat mengeluarkan POP-UP sebagai contoh, karena itu lah yang paling sering dibicarakan oleh kebanyakan rekan Blogger yang blognya dinon-aktifkan bahkan sampai dihapus. Oleh karena itu saya di sini mengambil suatu program yang menghasilkan POP-UP, contohnya paypopup oleh clicksor.com - mungkin ada beberapa teman yang tidak setuju dengan contoh ini, namun ini hanya sekedar contoh saja yang merupakan program yang menghasilkan earning melalui POP-UP window. Lalu bagaimana? walau belum ada bukti kuat, dalam hal ini saya pribadi lebih senang mengambil kalimat "Lebih baik mencegah...". Toh nggak ada ruginya kita tdk mengikuti program yang bisa mengeluarkan pop-up, kan masih banyak program penghasil dollar lainnya. Oh ya, ditambah lagi gak sedikit orang yang gak senang dengan pop-up yang bermunculan tertutama ketika sedang asyik mengunjungi suatu blog.


Lalu Yang kedua, Blog yang sengaja dibuat untuk beriklan saja, seperti halnya iklan yang otomatis langsung diterbitkan saat itu juga - Menggunakan metode pengeposan via email @Blogger.com

Poin yang terakhir ini mengingatkan kepada saya akan blog saya yang sengaja saya buat hanya untuk beriklan secara gratis (tentu semua orang yang ingin iklan di blog saya tersebut bisa langsung memasang saat itu juga). Mengenai penghapusan blog saya tersebut sudah pernah saya posting di postingan dengan judul "Kenapa blog iklan baris gratis saya hapus?", blog saya trsebut saya hapus sendiri sebelum mendapatkan peringatan dari pihak Blogger takutnya jadi fatal. Lalu seperti apa sih form pengiklanan secara otomatis yang dimaksud? Kalau teman2 pernah mendengar situs yang beralamatkan di www.emailmeform.com*, nah form yang dimaksud adalah form seperti yang disediakan oleh pihak www.emailmeform.com*, yang kemudian kita menggunakan alamat email @blogger.com yang sebelumnya telah kita setting sebagai alamat email untuk pengeposan secara langsung/otomatis melalui form tersebut. Lalu mengapa pihak Blogger menghapus blog kita hanya karena kita membuat blog yang bertemakan iklan baris gratis tersebut? Jawabannya karena hal itu dapat merugikan pihak Google sendiri (ingat, Blogger itu milik Google). Karena sesuatu yang telah kita lakukan tersebut dianggap sebagai sesuatu yang merugikan pihak Google terutama pada bagian Ads atau yang lebih kita kenal sebagai Google Adwords, maka wajarlah jika Google menghapus blog kita. Hal ini juga dianggap sebagai tindakan yang lancang, karena kita mengambil alih hak Google sebagai media periklanan melalui blog dengan jasa Blogger yang dimiliki oleh Google itu sendiri, jadi kalau dihapus, maka itu adalah suatu kewajaran. Ingat lho, kita di blogger/blogspot ini hanya numpang, dan seharusnya kita berterima kasih kepada Google Blogger karena apa yang kita gunakan semuanya ini gratis! Lalu kita tunjukkan rasa terima kasih kita dengan tidak melanggar TOS (Term Of Service) yang telah ditentukan-

*Catatan: Teman-teman bisa menggunakan layanan yang telah disediakan oleh www.emailmeform.com selama itu tidak ada kaitannya dengan masalah pengeposan iklan di blog Blogger secara otomatis seperti yang telah saya bahas di atas, maka - Jika teman-teman menggunakannya untuk kepentingan lain, hal itu tidak lah apa-apa contoh: Sebagai form contact admin



Mungkin hanya dua poin itu saja yang menurut saya benar-benar ada hubungannya dengan penghapusan blog oleh pihak Blogger, berikut screenshot peringatan dari pihak Blogger untuk seorang rekan Blogger kita (Klik untuk baca postingan "Kenapa blog iklan baris gratis saya hapus?")

peringatan_blogger

*Screenshot dari ateonsoft.com

Bagi teman-teman yang memang memilki pengalaman yang lain yang berkaitan dengan penghapusan blog oleh pihak Blogger, silahkan di-sharing!


Semoga bermanfaat []
EQDFVMDDKC65

Tags: Alasan Blogger menghapus blog, penyebab blog Blogger dihapus, blogger menghapus blog, beberapa penyebab blog dihapus oleh Blogger, alasan blog blogspot dinonaktifkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar