Senin, 10 Mei 2010

Cara Mengatasi Pop up dan Pop Under Advertising yang Misterius

Cara Mengatasi Pop up dan Pop Under Advertising yang Misterius. Beberapa hari yang lalu ada masalah yang cukup serius, ya nggak serius-serius amat sih - tapi benar-benar menyebalkan! (lho?). Mungkin beberapa teman Blogger yang sering main-main ke blog ini tahu apa yang saya maksud, kok blog ini tiba-tiba mengeluarkan pop-up/pop under advertising tuh lho? Nah itu lah masalahnya. Mungkin beberapa pengunjung tidak akan merasa terganggu dengan munculnya pop dkk (pop up, pop under ads, pop corn, dll), namun itu hanya beberapa saja - yang paling saya yakin yaitu sebagaian besar teman Blogger yang berkunjung ke blog ini akan merasa terganggu dengan pop dkk ini, itu semua karena saya sendiri juga merasa nggak nyaman jika ada pop dkk yang bermunculan seperti itu. Lalu mengapa saya menamakan pop dkk ini "misterius"?

Ini lah alasan mengapa saya menamakan pop dkk ini sebagai sesuatu yang misterius "Saya nggak pernah memasang iklan yang seperti itu, kok bisa-bisanya muncul - ah kayak jaelangkung aja...datang tak diundang". Sebagai solusinya saya surfing ke sana ke mari, bertanya ke om Google, pak de Yahoo, sampai ke mbak Bing...namun tak ada hasil. Beberapa teman dari Blogger help bilang: "mungkin saya memasang suatu widget yang mengandung pop up/under ads", karena itu saran dari beberapa teman saya - maka saya priksa satu persatu widget yang saya pasang di blog ini, namun tak temu juga tuh biangnya.

Tak kenal kata menyerah...eh lah, akhirnya ketemu juga nih si jaelangkung illegal - ternyata yang menyebabkan pop up tersebut adalah suatu web host yang digunakan untuk meng-host salah satu PHP untuk widget di Blog ini, ya - widget penghitung page views/page views counter. Berikut Link URL Pop under advertising yang muncul dari web host tersebut:

1. http://38.99.186.222/ronz.php?sid=&numpop=2&nid=3412936832&mid=&ref=http://www.angege.com/links.php?

2. ads.lzjl.com, dan

3. ads.clicksor.com

Pengumuman: Bagi teman-teman yang sudah memasang page views counter di blognya untuk mengganti dengan page views counter terbaru. Kelebihan=> Load lebih cepat dan tak ada lagi iklan yang bermunculan (pop up/pop under ads). Silahkan surfing ke sini untuk memasang kode terbaru, harap maklum_



Memang sih saya punya ide lain agar tidak menghapus widget tersebut (dengan kata lain tetap bertahan untuk menggunakan jasa web host tersebut) yaitu dengan cara menyisipkan kode <noscript> pada bagian sebelum kode tag <body> serta sepanjang kode widget yang ada di kode template saya yang kemudian saya akhiri dengan </noscript>, youpz...setelah trik ini diterapkan pop up tak akan muncul lagi, karena pop up bisa muncul jika fungsi script aktif. Namun yang jadi masalah nantinya adalah, semua widget yang mengandung java script di blog saya (khusus yang ada di homepage) tak bisa jalan dengan semestinya, selain itu yang lebih parah lagi yaitu jika pihak yang memiliki web host tempat file PHP page views dihosting tahu, maka bisa saja akun kita di web tersebut dinon aktifkan (parahnya lagi dihapus, waduh) - hal ini menjadi pertimbangan utama saya, mengingat file PHP tersebut sama sekali tidak dihost di akun milik saya sendiri, sebagai solusi terakhir saya menggunakan file PHP teman Blogger lain yang telah dihost di tempatnya serta memilki kelebihan berupa kecepatan yang lebih (daripada file PHP sebelumnya) dan juga tidak mengeluarkan iklan yang bermunculan lagi. Masalah pop up/pop under ads misterius terselesaikan..._

Selanjutnya bagi teman-teman yang sama sekali tidak memasang widget page views counter di blognya, namun kok ada pop up/pop under ads yang misterius juga seperti halnya pop up yang saya ceritakan? Oke deh, masalah tersebut besar kemunginannya disebabkan oleh widget dari dua situs berikut: widgeo.net (widget untuk memantau stats blog/web) dan rankwidget.com (widget berbagai rank blog, ex: berapa alexa anda? Berapa PR Google anda? Dll)



Agar pop up tidak muncul lagi, maka anda harus mencopot widget dari dua situs tersebut. Memang sayang sekali sih, terutama bagi teman-teman yang counter widgetnya sudah menghitung jumlah yang banyak yang akhirnya harus kehilangan widget tersebut. Akan tetapi hitung-hitung daripada si pop up yang tak kita harapkan muncul terus-menerus dan tentunya akan membuat kita nggak nyaman, yaaaa....mending dicopot aja. Sebagai gantinya masih banyak tuh layanan widget semisal yang memang tidak mengeluarkan pop-up semacam itu (bagi teman-teman yang tahu penyebab lain munculnya pop up misterius mohon di-sharing). Semoga bermanfaat_

Perhatian: Untuk masalah pop-up, memang sebagian pengunjung blog anda ada yang tidak begitu menghiraukan akan tetapi juga ada yang menghiraukannya sehingga menimbulkan rasa terganggu - oleh karena alasan yang satu ini, sesuatu yang menjadi sumber pop up akan lebih baik jika dihilangkan. Lalu yang satu lagi, yang merupakan sesuatu yang menjadi poin terpenting => Kita tidak tahu apa saja yang dibawa (yang terdapat di dalam) iklan yang yang bermunculan tersebut, namun sebagai sikap hati-hati kita bersama...biasanya iklan yang bermunculan seperti itu rawan ada virus, malware, spyware, dll yang mungkin sangat mengancam keamanan komputer anda - yang akan lebih gawat lagi jika widget yang mengeluarkan pop up tersebut benar-benar mengandung malware, maka ini juga akan mengancam keadaan blog anda, pihak Google Blogger akan menonaktifkan akun Blogger anda sampai mereka mendapatkan konfirmasi dari anda bahwa anda telah melaksanakan apa yang menjadi peringatan pihak Blogger (semua ini dilakukan pihak Blogger demi kenyamanan pengunjung blog anda).



Tags: Cara mengatasi pop up, menghilangkan pop under advertising, cara menghapus pop-up, pop up tiba-tiba muncul di blog, pop up tidak diketahui asalnya, mengatasi iklan yang bermunculan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar